10 Strategi Investasi Saham ala Warren Buffett


Halo, selamat datang di blog saya, sama dengan anda, saya juga tertarik mempelajari strategi investasi saham ala warren buffet yaitu bagaimana caranya warren buffet sukses menjadi investor nilai terbaik di dunia. Hal apa saja yang dilakukannya dalam mencapai sukses berinvestasi? dan yang paling penting langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk memperoleh kesuksesan berinvestasi seperti warren buffett.

Sedemikian tertariknya, akhirnya saya membeli buku yang membahas rahasia sukses berinvestasi saham ala warren buffet yaitu “How buffet does it, 24 simple investing strategies from the world’s greatest value investor” yang di tulis oleh james pardoe. Buku ini ringkas, mudah di cerna dan cukup menarik. Setelah membacanya saya ingin berbagi tentang isi buku ini namun tidak semua strategi dalam buku ini saya tampilkan hanya 10 strategi yang menurut saya cukup menarik untuk dibahas. Tentu saja jika anda ingin mengetahui semua strategi tersebut, anda bisa membeli bukunya di toko buku. Ok langsung saja, berikut ini paparan singkat 10 strategi investasi saham ala warren buffet:

1. Pilihlah kesederhanaan bukan kompleksitas
Warren buffet hanya akan berinvestasi pada bisnis – bisnis yang mudah dipahami, solid dan bertahan lama. yang mana penyebab kesuksesan perusahaan tersebut dapat dijelaskan dengan sederhana. Warren buffet tidak pernah berinvestasi pada bisnis – bisnis rumit yang tidak dia pahami.

Kesederhanaan adalah esensi filosofi investasi warren buffet. Filosofi ini didasarkan pada prinsip akal sehat dan kesabaran. Keputusan investasi yang melibatkan kompleksitas harus dihindari. Sasaran investasinya adalah mencari saham dengan harga yang wajar untuk bisnis yang mudah di pahami dan memiliki prospek peningkatan laba di tahun – tahun ke depan. 

Belilah saham perusahaan tersebut bila harga sahamnya berada di bawah nilai aktual perusahaan tersebut dibandingkan dengan potensi perolehan laba perusahaan di masa depan. Kemudian pertahankan saham itu dan tunggu hingga situasi pasar untuk membuktikan kebenaran penilaian anda tersebut.

2. Putuskan sendiri investasi anda
Untuk membuat keputusan investasi anda perlu mempelajari dasar – dasar akuntansi dan bisnis di pasar modal. Pastikan diri anda untuk melakukan investasi berdasarkan investasi nilai. Dengan kemampuan analisa investasi nilai sendiri anda dapat menghindari kesalahan seperti melakukan transaksi saham terlalu cepat yang mana hal ini bertentangan dengan filosofi warren buffett untuk menahan saham dalam jangka waktu yang lama. Saran untuk melakukan transaksi sering diberikan oleh pialang, analis dan pakar. Perlu dipahami bahwa pialang, analis dan pakar memiliki kepentingan sendiri dalam memberikan berbagai rekomendasi tersebut. Seringkali penghasilan mereka atau perusahaan sekuritas didasarkan atas banyaknya aktivitas transaksi yang dilakukan investornya. Oleh karena itu sangatlah penting membuat keputusan investasi sendiri untuk memperoleh hasil investasi yang optimal.

3. Bersabarlah
Warren buffett adalah “pelaku transaksi per dekade” bukan pelaku transaksi harian atau mingguan. Filosofi warren buffett didasarkan pada kesabaran dan pengamatan jangka panjang. Sebuah skema menjadi kaya secara perlahan yang terbukti ampuh. Kesabaran diperlukan untuk sukses dalam berinvestasi nilai. Sebagai pemegang saham anda harus memiliki sikap yang tetap (firm), pahamilah bahwa harga saham akan selalu naik dan turun jadi jangan terpaku pada harga saham. Namun pelajari bisnis yang mendasarinya, kapasitas menghasilkan labanya, masa depannya dll. Yakinlah jika anda sudah memperhitungkan investasi saham dengan penilaian diatas maka anda sudah membuat keputusan yang tepat dan anda dapat menyimpan saham tersebut dalam waktu yang lama.

4. Belilah bisnis bukan saham
Menurut warren buffet salah satu faktor penting dalam sukses berinvestasi adalah mengingatkan diri bahwa membeli saham adalah membeli sebagian andil dari bisnis yang benar – benar ada. Oleh karena itu sangat penting untuk membeli saham pada perusahaan riil yang memiliki bisnis yang tepat. Dalam jangka panjang bisnis yang tepat hampir selalu berarti kekayaan.

Oleh karena itu, hal terpenting untuk dilakukan sebelum anda membeli saham adalah berfikir matang mengenai bisnis yang mendasari dan masa depannya. Anda harus memandang diri anda tidak hanya sebagai investor tetapi juga sebagai analis bisnis. 

Selain memperhatikan harga saham suatu perusahaan berilah perhatian lebih terhadap nilai perusahaan tersebut. Nilai perusahaan dilihat berdasarkan apa yang dilakukan oleh bisnis tersebut, seberapa baik kinerjanya jika dibandingkan dengan pesaing, skala operasinya dan bagaimana faktor – faktor tersebut diproyeksikan ke masa yang akan datang.

Buffet menyukai bisnis yang mudah dipahami karena dia ingin mengetahui bahwa masa depan bisnis tersebut lebih pasti, arus kas dan pendapatannya mudah di prediksi. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketidakpastian sebanyak mungkin dengan cara mencari bisnis yang mudah dipahami.

Saat ini lebih mudah untuk mencari informasi mengenai sebuah perusahaan, gunakanlah internet sebagai sumber informasi perusahaan untuk mencari data laporan keuangan tahunan, pendapatan dan arsip aktifitas perusahaan (corporate action) di bursa efek.


5. Carilah perusahaan “Franchise”
Warren buffett ingin membeli bisnis yang memiliki produk dan keunggulan kompetitif yang langgeng. Ia mencari perusahaan yang mendominasi pasarnya. Perusahaan inilah yang di sebut warren buffett sebagai “Franchise”. Dalam hal ini buffett tidak mengacu pada franchise seperti dunkin donat atau burger king, tetapi sebuah entitas bisnis yang mempunyai posisi istimewa yang hampir menjamin kesuksesannya. 

Perusahaan "franchise" yang memenuhi kriteria buffett ini adalah : perusahaan yang menghasilkan produk yang diperlukan atau diinginkan, yang tidak mempunyai substitusi yang dekat, tidak menghabiskan banyak biaya dan tidak terpengaruh oleh regulasi harga.

6. Konsentrasikan investasi saham anda
Hindar kepemilikan saham pada banyak perusahaan yang berbeda (diversifikasi). Kebijakan warren buffet adalah mengkonsentrasikan sahamnya. Seringkali dia hanya memiliki saham pada beberapa perusahaan. Dan menginvestasikan banyak uangnya untuk memperoleh banyak saham pada perusahaan tersebut. Anda tidak perlu membeli sedikit saham pada 20 perusahaan terbaik namun cukup berinvestasi pada 5 sampai 10 perusahaan yang bagus dengan harga yang cocok. Pastikan perusahaan yang anda beli adalah perusahaan yang bagus, solid dan memiliki tim manajemen yang kuat. Berinvestasilah dengan berani membeli saham perusahaan yang baik tersebut ketika situasi ekonomi dan bisnis sedang menurun (ketika nilai saham perusahaan dibawah nilai perusahaan) lalu bersabarlah dan menyimpan saham tersebut 5 sampai 10 tahun mendatang.

7. Lihatlah penurunan pasar sebagai peluang membeli.

Sebagian besar investasi terbesar warren buffet dilakukan dengan baik pada saat pasar modal sedang turun. Ketika harga saham perusahaan yang bagus merosot (bersama saham – saham perusahaan lain) atau saat perusahaan bagus mengalami kesulitan sementara yang masih dapat diatasi dan harga saham mereka menurun.

Intinya adalah belilah banyak saham perusahaan yang memiliki bisnis yang bagus namun harga sahamnya di jual dengan harga diskon dikarenakan kondisi bisnis dan kondisi pasar. Hampir setiap bisnis yang kuat akan menemui kesulitan pada suatu saat dan harga sahamnya akan jatuh. Seringkali itulah saat yang baik untuk membeli saham. Karena pada akhirnya pasar saham akan mengetahui nilai riil perusahaan tersebut dan harga saham akan naik kembali.


8. Abaikan yang makro, fokuslah pada yang mikro
Menurut warren buffet, hal – hal besar, tren – tren besar yang berada di luar bisnis  tidaklah penting. Hal – hal kecil, hal – hal yang terkait secara khusus dengan bisnislah yang berarti. Aturan pokoknya adalah jangan biarkan keputusan investasi dipengaruhi oleh faktor – faktor ekonomi makro dan peristiwa – peristiwa politik. Fokuslah pada prospek jangka panjang bisnis dimana anda berinvestasi atau yang anda inginkan untuk berinvestasi. Analisa prospek bisnisnya, tim manajemen dll. Sebagai investor bergaya warren buffett, anda telah menghabiskan banyak waktu untuk sampai pada kesimpulan yang akurat mengenai suatu perusahaan. Tidak masuk akal kalau harus mengganti kebijakan yang diperoleh dengan susah payah mengenai perusahaan tersebut dengan pendapat yang tidak akurat (taksiran) mengenai kondisi perekonomian. Percayalah pada kebijakan investasi yang anda miliki.

9. Perhatikan baik – baik manajemennya.
Warren buffet mencari bisnis – bisnis hebat yang mempunyai manajemen yangg hebat. Dia tidak akan menginvestasikan uangnya sebelum kedua faktor (yaitu posisi kompetitif perusahan yang kuat dan manajemen yang hebat) ada sekaligus pada suatu perusahaan.

Warren buffett menyukai bisnis yang dijalankan oleh orang – orang yang berintegritas dan memiliki manajemen yang menempatkan kebutuhan pemegang saham diatas kebutuhan pribadinya. Manajemen perusahaan yang terkenal dengan sifat hematnya dan alokasi modal yang rasional. Misalnya carilah perusahaan yang menerapkan program pembelian kembali saham (stock repurchase) untuk memberikan keuntungan pada pemegang saham. 

Hindarilah berinvestasi pada perusahaan yang memiliki sejarah memain – mainkan catatan keuangan dan akuntasinya. Akuntasi yang lemah biasanya berarti manajemen berupaya menyembunyikan kinerja bisnis yang lemah.


10. Tetaplah berada dalam lingkaran kompetensi anda

Ketika harus memilih berinvestasi ke bisnis apa, warren buffet dipandu oleh apa yang dia sebut “lingkaran kompetensi (circle of competence). Lingkaran kompetensinya hanya terdiri dari saham – saham dan industri yang dia rasa paling nyaman untuk terlibat.

Warren buffett sangat disiplin mengenai lingkaran kompetensinya. Dia tidak akan melakukan investasi di luar lingkaran kompetensinya.

Berdasarkan aturan dalam menyusun portofolio investasi ala warren buffett ini maka pertama anda dapat menuliskan daftar perusahaan dan bisnis yang di rasa paling nyaman untuk anda. Hal ini membantu anda untuk mendefinisikan lingkaran kompetensi anda kemudian beroperasilah pada wilayah lingkaran kompetensi itu dan jangan menyesali diri karena kehilangan peluang yang muncul di luar wilayah itu. 

Demikianlah 10 strategi investasi saham ala warren buffett. Strategi ini merupakan langkah penting yang dapat anda lakukan untuk dapat meraih sukses berinvestasi saham seperti warren buffet dengan portofolio anda sendiri. Ok selamat berinvestasi.

0 Response to "10 Strategi Investasi Saham ala Warren Buffett"

Post a Comment